TNI AU dan TNI AU Gelar Latihan Gabungan Libatkan Pesawat Tempur F-16

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Angkatan Udara Indonesia (TNI AU) dan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) akan melakukan latihan bersama (Latma) di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dengan kode “Cope West 2021”.

Pelatihan tersebut rencananya akan melibatkan sejumlah pesawat tempur F-16 dari kedua angkatan udara.

Rencananya latihan bersama tersebut akan resmi dibuka pada Senin (14/6/2021).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah di Markas Besar, Cilangkap, Jakarta, Selasa (8/6/2021).

“Hari ini sejumlah personel dan perlengkapan USAF sudah mulai berdatangan di Lanud Roesmin Nurjadin, sedangkan pesawat F-16 akan tiba dalam beberapa hari ke depan, dan rencananya pelatihan ini akan dibuka resmi pada Senin (14/6/ 2021),” kata Indan, dikutip dari akun Instagram resmi TNI AU, @militer.air, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Hamil 8 Bulan, Siti Hamidah Dimakamkan Lebih dari 2 Minggu di Septic Tank, Pelaku dan Motif Belum Terungkap

Latma Cope West 2021, kata Indan, merupakan arena latihan tempur udara menggunakan pesawat tempur F-16.

Selain itu, latihan juga untuk menambah pengetahuan, wawasan dan berbagi pengalaman antara personel penerbangan dan teknisi pesawat tempur F-16 kedua angkatan udara.

Tidak hanya meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel kedua angkatan udara, latma Cope West 2021 juga bertujuan untuk menjadi ajang peningkatan kerja sama militer kedua negara khususnya TNI AU dan USAF.

Baca juga: Hilang sejak 21 Mei 2021, seorang ibu hamil tua di Riau rupanya terkubur di bekas galian septic tank

Direncanakan latma Cope West 2021 akan berlangsung selama dua minggu.

Kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19, termasuk personel dari USAF melakukan isolasi sebelum melaksanakan latihan.



https://www.tribunnews.com/nasional/2021/06/09/tni-au-dan-au-amerika-serikat-gelar-latihan-bersama-libatkan-pesawat-tempur-f-16