Tokopedia masih mempelajari peningkatan penjualan akibat pengiriman bersubsidi di Harbolnas Ramadhan

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah akan memberikan subsidi ongkos kirim atau ongkos kirim sebesar Rp 500 miliar untuk merayakan Hari Belanja Online Nasional Ramadhan 2021.

Terkait subsidi ongkos kirim, Tokopedia menyatakan masih mengkaji dampaknya terhadap bisnis perseroan.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni ​​mengatakan, Tokopedia tentunya akan mendukung upaya pemerintah untuk mendorong kemajuan industri dan pertumbuhan ekonomi nasional melalui kebijakan tertentu.

“Kami juga tentunya aktif memberikan masukan kepada pemerintah bersama dengan asosiasi e-commerce Indonesia yang mencakup pelaku usaha di industri ini,” kata Astri saat dihubungi Tribunnews, Jumat (23/4/2021).

Astri juga mengungkapkan Tokopedia sangat mendukung pemerintah dengan berbagai inovasi yang dihadirkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Asperindo: Subsidi Ongkos Kirim Saat Harbolnas Dapat Meningkatkan Lalu Lintas Barang

“Selain itu, inovasi yang dihadirkan pemerintah tentunya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan usaha, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal di bulan Ramadhan,” kata Astri.

Baca juga: Kebijakan Subsidi Ongkos Kirim Saat Harbolnas Diyakini Meningkatkan Volume Pengiriman Barang

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan memberikan subsidi ongkos kirim saat momentum Harbolnas Ramadan 2021.

Harbolnas sendiri akan digelar serentak pada H-10 dan H-5 Idul Fitri.

“Hari belanja nasional melalui online ditujukan untuk produk nasional. Pemerintah akan memberikan subsidi ongkos kirim dan pemerintah sudah menyiapkan Rp 500 miliar,” kata Airlangga.

Airlangga meyakini Harbolnas akan mendorong pertumbuhan konsumsi masyarakat mulai Ramadhan hingga Lebaran.




Source