Traveler selama Libur Nataru wajib melakukan vaksinasi dosis penuh dan tes antigen 1×24 jam

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkoordinasi penyiapan sarana vaksinasi dan uji antigen di simpul-simpul transportasi seperti: terminal bus, pelabuhan penyeberangan, pelabuhan laut, bandara, dan stasiun kereta api, dengan operator transportasi, TNI, Polri, Covid-19 Satgas Penanganan. , dan pihak terkait lainnya.

    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan kebijakan pengetatan protokol kesehatan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022, pemudik wajib melakukan vaksinasi dosis lengkap dan melakukan antigen test 1 x 24 jam dengan hasil negatif.

    “Saya sudah meminta Dirjen untuk berkoordinasi dengan operator transportasi dan meminta dukungan TNI dan Polri, agar masyarakat yang baru memiliki satu vaksin bisa memanfaatkan layanan vaksinasi di simpul transportasi. Sementara itu, tes antigen juga akan diberikan dengan harga yang terjangkau,” kata Menhub, Minggu (12/12/2021).

    Baca juga: 11 Juta Orang Berpotensi Bepergian Selama Nataru, Ini Langkah Antisipasi Kemenhub dan Kemenaker

    Dengan pengetatan prokes tersebut, Menhub meminta seluruh operator transportasi untuk melakukan pengawasan dan memastikan penumpang memiliki vaksin yang lengkap dan telah melakukan tes antigen dengan hasil negatif.

    “Kami ingin mencegah penyebaran Covid-19, sehingga kasus positif Covid-19 dapat dikendalikan dan tidak ada peningkatan kasus yang signifikan setelah libur Nataru,” kata Menhub.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/12/12/pelaku-perjalanan-saat-libur-nataru-wajib-vaksinasi-dosis-lengkap-dan-tes-antigen-1×24-jam