Tren Kasus Positif Covid-19 di Aceh Terus Menurun

    Tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat Aceh terhadap prokes semakin tinggi.

    REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH — Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Aceh menyatakan tren kasus warga yang terinfeksi virus corona terus menurun sejak beberapa pekan terakhir. Meski demikian, warga tetap diminta menerapkan protokol kesehatan.

    “Penambahan kasus Covid-19 harian kami di bawah 50 kasus dalam dua minggu terakhir, meski memang fluktuatif,” kata Juru Bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Minggu (10/10).

    Saifullah mengatakan, hingga Minggu, kasus positif Covid-19 di Tanah Rencong bertambah 23 orang. Sementara itu, 43 pasien terinfeksi sembuh dan enam meninggal.

    Saifullah menjelaskan, penurunan kasus Covid-19 di masyarakat tidak hanya terjadi di provinsi paling barat Indonesia, tetapi juga secara nasional. Menurut dia, penurunan kasus tersebut merupakan bukti efektifitas penerapan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro (PPKM), sehingga setiap orang yang masuk dan keluar Aceh terseleksi dengan baik.

    “Yang mobilitas tinggi itu yang sudah divaksin, paling tidak relatif tidak carrier, karena ada wajib PCR swab atau antigen swab agar penularan virus corona dari luar ke Aceh berkurang,” ujarnya.

    Apalagi, kata dia, tingkat pendidikan penularan virus corona di masyarakat juga semakin baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang mengurangi mobilitasnya antar daerah jika tidak memiliki kebutuhan yang mendesak.

    Begitu juga sikap masyarakat dalam membuat hajatan atau pesta. Artinya, jika kebutuhannya mendesak, mereka harus melakukan tes swab antigen atau mengusap PCR di dalam pesawat. “Sehingga penularan virus antar daerah juga berkurang,” ujarnya.

    Dan tingkat penggunaan masker di Aceh kini 89,27 persen dan tingkat social distancing dan menghindari keramaian juga 89,50 persen. Angka itu relatif lebih tinggi dari sebelumnya.

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/r0s4oh485/tren-kasus-positif-covid19-di-aceh-terus-menurun