Trik UKM Hadapi Musim Pandemi A la Hermawan Kartajaya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hermawan Kartajaya resmi terpilih sebagai Ketua yang akan datang dari Dewan Internasional untuk Bisnis Kecil (ICSB) Global menggantikan Winslow Sargeant pada periode 2021-2022 mendatang.

Sebelumnya, Hermawan aktif di ICSB Global sebagai Anggota Dewan dan salah satu pendiri ICSB Indonesia bersama AAGN Puspayoga, sekaligus sebagai ketua organisasi di Indonesia. Hermawan juga Pendiri sebaik Ketua Dewan Asia untuk Bisnis Kecil (ACSB).

Dalam kesiapannya mengemban tugas baru, Hermawan memberikan tips khusus bagi UKM di Indonesia dalam menghadapi gelombang kedua pandemi saat ini.

Pertama, memelihara jiwa wirausaha (kewiraswastaan) penting dilakukan agar tidak patah semangat di tengah jalan. “Namun, juga membekali diri dengan pengetahuan pemasaran, sehingga strategi yang diambil di masa sulit ini bisa lebih tepat sasaran,” kata Hermawan.

Kedua, terus meningkatkan kreativitas untuk menggali ide-ide baru dan berinovasi untuk mengubahnya menjadi solusi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

“Ketiga, berkolaborasi dengan berbagai pihak atau pelaku UKM lainnya, komunitas, perusahaan besar, kampus dan juga pemerintah, sehingga bisa mendapatkan alternatif solusi atas krisis yang sedang dihadapi,” ujar Hermawan.

Resmi menjadi Kursi masuk ICSB Global tahun ini, kemudian pada Juli 2022, Hermawan akan dilantik kembali sebagai Kursi dari ICSB Global. Hermawan juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan ICSB Kongres Dunia pada tahun 2023 yang rencananya akan diadakan di Bali. “Momen penting ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan sektor pariwisata di Pulau Dewata,” kata Hermawan.

Dewan Internasional untuk Bisnis Kecil (ICSB) adalah organisasi nirlaba global dengan jaringan di berbagai negara dengan misi untuk mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil di seluruh dunia.

Hermawan maju sebagai orang Indonesia pertama yang terpilih menjadi Kursi masuk ICSB Global dimana organisasi tersebut merupakan organisasi payung terbesar dalam pengembangan UKM di dunia yang telah berdiri sejak tahun 1955. ICSB Indonesia sendiri telah aktif bergabung dalam jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa AAGN Puspayoga dan Hermawan Kartajaya.



https://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2021/07/21/trik-ukm-hadapi-musim-pandemi-ala-hermawan-kartajaya