Truk Nyorong Terbalik, Satu Tewas dan 29 Luka

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Truk rombongan calon mempelai pria dari Dusun Sampar Maras, Desa Karang Dima Kecamatan Labuan Badas terbalik dan jatuh ke jurang di Lenangguar, Kamis (9/6). Rombongan ini berencana meminang ke kecamatan Lunyuk.

Kejadian memilukan ini terjadi sekitar pukul 09.30 Wita, saat truk rombongan melewati Tanjakan Peliwis, Dusun Lamurung Kecamatan Lenangguar. Truk bermuatan sekitar 30 penumpang ini tidak mampu menanjak dan terbalik ke sebelah kanan, kemudian terjungkal ke jurang sedalam 5 meter. Akibatnya, Luh Arum (45) yang berstatus janda meninggal dunia, dan 29 lainnya mengalami luka-luka. Putra bungsu korban, Gede (14) yang ikut dalam rombongan tersebut menderita luka terbuka di bagian kepala, dan kini dalam perawatan medis di RSUP Manambai Abdulkadir bersama sopir truk bernama Made Joni. Sementara beberapa penumpang yang mengalami luka-luka dirujuk ke RSUD Sumbawa, dan ada yang menderita patah tulang paha.

Menurut saksi mata dalam rombongan tersebut, saat truk sedang menanjak di Tanjakan Peliwis, truk tersebut tersendat lantaran sopir menanjak memakai gigi dua. Dipertengahan tanjakan, sopir oper gigi satu dan seketika mesin truk mati sehingga kehilangan keseimbangan. Truk oleng, terbalik ke kanan, lalu terjungkal ke jurang. Saat itulah korban Luh Arum terlempar keluar truk dan tubuhnya membentur deker pembatas jalan dan meninggal dunia di TKP.

Petugas Laka Polres Sumbawa yang mengetahui adanya kejadian tersebut langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan olah TKP dan mengamankan barang bukti.