Tutup PKKMB 2021, UNJ Raih Rekor MURI

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) resmi ditutup, Sabtu (21/8). Pada acara tersebut, UNJ menerima Sertifikat Penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Rekor Senam SENSI (Sendok dan Kursi) yang dilakukan secara virtual oleh 6.433 mahasiswa baru UNJ.

    Penutupan PKKMB UNJ 2021 kemarin dilakukan secara offline di lahan UNJ Cikarang seluas 80,2 hektar, dan Zoom online disaksikan oleh seluruh civitas akademika dan mahasiswa baru UNJ.

    Ketua Pelaksana PKKMB UNJ 2021 sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, Abdul Sukur menyampaikan laporan pelaksanaan PKKMB UNJ 2021 berdasarkan surat edaran dari Dirjen Dikti, tentang pedoman umum penyelenggaraan PKKMB UNJ 2021. pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru, dimana tujuannya untuk membekali mahasiswa baru agar lebih cepat beradaptasi dengan kehidupan kampus.

    Jumlah mahasiswa baru PKKMB UNJ 2021 diikuti 6.443 mahasiswa baru. “Selamat datang mahasiswa baru UNJ, selamat meraih prestasi dan membanggakan UNJ,” ujar Abdul Sukur.

    Acara penutupan PKKMB UNJ 2021 dihadiri oleh Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Helmi Basalamah, Staf Khusus Kementerian Investasi dan Investasi, Pradana Indraputra, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Office, Carwinda, Majelis Wali Amanat UNJ, Prof Murni Sylviana, dan beberapa tamu kehormatan lainnya.

    Penghargaan diserahkan langsung oleh Manajer MURI, Awan Rahargo, dan diterima oleh Rektor UNJ, Prof. Komarudin. “Salah satu rangkaian kegiatan PKKMB UNJ 2021 menjadi perhatian kami dimana UNJ melakukan senam virtual dengan peserta mahasiswa baru terbanyak di Indonesia,” ujar Awan.

    Prof. Komarudin menyampaikan terima kasih kepada MURI yang telah memberikan piagam kepada UNJ untuk ketiga kalinya. Dalam sambutannya, Komarudin juga mengucapkan selamat datang dan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru UNJ, kampus perjuangan, pusat pemikiran, dan tanah peradaban.

    “Kamu adalah mahasiswa pilihan dari sekian banyak calon mahasiswa yang tertarik bergabung dengan UNJ. Untuk itu, kamu harus memiliki rasa bangga menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta,” jelas Komarudin.

    Ia berharap PKKMB dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan membentuk karakter mahasiswa UNJ yang tangguh, cerdas, inovatif, dan berdaya saing, sebagaimana peran sentral mahasiswa sebagai agen perubahan bangsa.

    Komarudin mengungkapkan, ada tiga kunci penting untuk menjadi agen perubahan.agen perubahan). Pertama, mereka harus mampu menjadi juara dan panutan di bidang akademik. Kedua, menjadi juara dan panutan dalam organisasi kemahasiswaan. Ketiga, menjadi juara dan panutan dalam keluarga, masyarakat, dan bagi bangsa dan negara.

    Penutupan PKKMB 2021 ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penyematan almamater kepada delapan mahasiswa baru perwakilan fakultas oleh dekan fakultas masing-masing.

    Acara kemudian diakhiri dengan penanaman 138 pohon di lahan UNJ Cikarang oleh pimpinan, tamu undangan, dan mahasiswa baru UNJ. Pohon-pohon tersebut termasuk beberapa jenis pohon langka seperti Bisbul, Manglid, Nam nam, dan Makadamia yang diberikan oleh Balai Besar Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qy7wow291/penutupan-pkkmb-2021-unj-raih-rekor-muri