Udah Pulang Saat Pandemi, Lakukan 4 Hal Ini

    Kesalahan umum adalah orang makan bersama dan mengobrol.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ditemukan 4.123 kasus positif Covid-19 dari pengujian acak Dari 6.742 pemudik baru-baru ini, tentu menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Namun, beberapa orang mungkin sudah kembali ke kampung halamannya dan bertemu dengan keluarga tercinta.

    “Sudah mudik, para pemudik sudah ada di desa, misalnya yang penting ada protokol kesehatan di antara mereka,” kata praktisi kesehatan sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof.Dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB saat dihubungi. Republika.co.id, Selasa (11/5).

    Prof Ari dan Pakar Paru Indonesia Dr. dr Erlina Burhan MSc SpP (K) menyampaikan beberapa imbauan yang perlu dilakukan masyarakat jika sudah mudik di tengah pandemi Covid-19. Berikut ini empat di antaranya.

    Pertimbangkan Semua OTG
    Dalam situasi seperti ini, Prof. Ari menyampaikan bahwa setiap orang harus menganggap dirinya dan orang lain sebagai orang tanpa gejala (OTG). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam beraktivitas saat mudik.

    Hal senada juga diungkapkan oleh Dr. Erlina. Dengan asumsi setiap orang adalah OTG, orang akan lebih cenderung melindungi diri mereka sendiri dengan mematuhi protokol kesehatan.

    “Jangan disangka Covid-19 bukan di tempat kita, ada di tempat orang lain,” kata dr Erlina saat dihubungi. Republika.co.id, Selasa (11/5).

    Pantau Gejala
    Prof Ari mengatakan masa inkubasi kasus Covid-19 bisa mencapai 14 hari. Oleh karena itu, wisatawan dan keluarga di kampung halaman perlu mewaspadai dan mewaspadai munculnya gejala terkait Covid-19 selama ini.

    “Misalnya ada gejala, harus periksa ke dokter untuk memastikan (Covid-19 atau tidak),” jelas Prof. Ari.




    Source