UGM Terima Bantuan Bus Rp 7 Miliar

    Bantuan tersebut diterima Rektor UGM didampingi Ketua Majelis Wali Amanat UGM. Bantuan bus listrik senilai Rp. 6.973.000.000, mikrolet tersebut bernilai Rp. 461.600.000, dan satu unit charger bus listrik seharga Rp. 293.700.000.

    Airlangga melihat saat ini kendaraan listrik belum banyak dijangkau masyarakat Indonesia karena teknologi yang mahal. Namun, dia yakin, dalam beberapa tahun target 25 persen produksi otomotif nasional untuk kendaraan listrik akan tercapai.

    Dikatakannya, bantuan ini merupakan bagian dari kontribusi sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya sebagai alumnus Teknik Mesin. Airlangga juga berharap UGM bisa menjadi motor penggerak perkembangan teknologi kendaraan listrik di Indonesia.

    “Dulu saya belajar mesin, jadi saya kasih mesin diesel dan listrik,” kata Airlangga, Sabtu (9/10).

    Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono menyampaikan apresiasi kepada Airlangga atas bantuan yang diberikan. Ia menegaskan, wahana ini akan digunakan untuk mendukung konektivitas fasilitas pendidikan dan penelitian yang dimiliki UGM.

    Ia mengungkapkan, saat ini Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset serta Direktur Aset UGM sedang merencanakan penggunaan kendaraan kampus. Perencanaan tersebut sejalan dengan rencana untuk memulai pembelajaran tatap muka (PTM).

    Selain itu, kegiatan lapangan akan segera diaktifkan, sehingga kendaraan kampus sangat diperlukan untuk fasilitas mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan. Yang akan bolak balik dari Kampus UGM ke fasilitas lapangan.

    Saat ini UGM memiliki sejumlah fasilitas untuk kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Di antaranya Pusat Inovasi Agroteknologi di Sleman, Hutan Pendidikan Wanagama di Gunungkidul dan Teaching Factory di Batang.

    “UGM akan mengaktifkan kampus di Kulonprogo, tentunya dengan adanya bantuan kendaraan ini akan sangat bermanfaat untuk mobilitas staf dan mahasiswa. Selain di Kulonprogo, kami juga memiliki fasilitas lapangan di tempat lain,” kata Panut.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/r0syxa368/ugm-terima-bantuan-bus-senilai-rp-7-miliar