UII Hadirkan Sejumlah Fasilitas Kuliah Online

Kuliah online diselenggarakan oleh UII.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Kebijakan sekolah atau bekerja dari rumah sejak Maret 2020 mengharuskan penyesuaian dengan kegiatan belajar atau bekerja dari rumah. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebijakan ini tentunya akan berdampak pada perubahan proses belajar mengajar.

Kepala Divisi Pengembangan dan Penelitian Media, Direktorat Pemasaran Universitas Islam Indonesia (UII), Nadia Wasta Utami mengatakan, salah satu kegiatan yang biasa dilakukan adalah tatap muka secara fisik. Sekarang, harus dilakukan secara non fisik atau online.

Awalnya kegiatan ini tidak mudah. Ditambah keterbatasan fasilitas yang dimiliki mahasiswa salah satunya adalah batasan waktu untuk video conference. Padahal, ini seperti urat nadi pembelajaran online agar mahasiswa dan dosen bisa terhubung.

“Untuk menyikapi hal tersebut, UII memberikan beberapa fasilitas agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan maksimal meskipun dilakukan secara online,” kata Nadia, Selasa (6/7).

Pertama, ada fasilitas Zoom Premium yang disediakan dengan jenis akun lisensi pendidikan. Jenis akun ini memungkinkan siswa untuk mengadakan rapat lebih dari 45 menit, dan menambahkan hingga 300 peserta dalam satu ruangan.

Kemudian, Anda dapat menyesuaikan ID rapat pribadi Anda, Anda dapat mengaturnya sebagai tuan rumah alternatif dan Anda dapat mengatur tautan pribadi sesuai keinginan Anda. Kedua, adanya fasilitas Unlimited Google Drive Access untuk mendukung penyimpanan file-file yang dibutuhkan mahasiswa.

Ketiga, ada fasilitas Lisensi Office 365 gratis. Layanan ini memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas dalam berbagai format tanpa perlu khawatir. Terkait penerimaan mahasiswa baru, Nadia menambahkan, UII masih membuka pendaftaran hingga Juli 2021.

“Informasi lebih lanjut dapat mengakses website https://pmb.uii.ac.id/beranda/,” ujar Nadia.



https://www.republika.co.id/berita/qvtk4w430/uii-hadirkan-sejumlah-fasilitas-kuliah-daring