Uji Coba Layanan GeNose C19 Diadakan di Bandara Juwata

    Rencananya layanan pengujian GeNose kepada publik masih menunggu hasil pengujiannya hingga hari ini.

    REPUBLIKA.CO.ID, TARAKAN – Unit Administrasi Bandara Utama Juwata Tarakan (UPBU) Kelas I, Provinsi Kalimantan Utara, mulai menguji layanan uji GeNose C-19 untuk kalangan internal di bandara tersebut. Beberapa petugas bandara mulai melakukan uji GeNose, salah satunya Kepala UPBU Utama Juwata Kelas I Agus Priyanto dan hasilnya negatif.

    “Hari ini kami sudah coba uji coba layanan GeNose di Bandara Juwata Tarakan. Harapannya dengan (test) GeNose ini, tingkat layanan kami untuk penanganan COVID-19 bisa lebih murah dan cepat kepada masyarakat,” ujar Kabag Pelayanan dan Kerjasama ini. untuk BLU Bandara Juwata, Tarakan, Gideon P Manusun.

    Rencananya layanan pengujian GeNose kepada publik masih menunggu hasil pengujiannya hingga hari ini. “Mudah-mudahan minggu ini kita lakukan, lebih cepat minggu ini lebih baik kita coba. Untuk biayanya Rp 50 ribu,” kata Gideon.

    Sedangkan Wira Negara Tan menjelaskan tingkat sensitivitas hasil pemeriksaan GeNose sangat tinggi. Orang tidak perlu khawatir jika memilih layanan GeNose sebagai syarat untuk ikut penerbangan.

    “GeNose ini dibuat oleh anak bangsa dengan kepekaan sangat tinggi, yang diuji nafasnya, jika mengandung virus Covid-19 atau sejenisnya akan langsung terdeteksi,” kata Wira.

    Sementara itu, masa berlaku GeNose C19 untuk penumpang adalah 1×24 jam terhitung sejak sampel dicek. Batasan waktunya hanya 24 jam, jadi ada tanggal dan hitungan jamnya. Hasil pemeriksaan GeNose C19 kurang lebih lima menit dari pendaftaran, hingga menerima sampel hasil pengujian. Implementasi GeNose C19 di BLU Bandara Juwata Tarakan akan menerapkan registrasi online, untuk menghindari penumpukan antrian penumpang. Mulai buka pukul 05.00 WITA.

    sumber: Antara




    Source