UMY Peringkat 15 Nasional Peringkat Dampak THE

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL – Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berperan dan berdampak pada keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Terbukti dari keberhasilan UMY masuk dalam Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021.

UMY berhasil menduduki peringkat ke-15 skala nasional dan peringkat 801-1.000 skala dunia. Pada saat yang sama, hanya Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang masuk dalam pemeringkatan berdasarkan SDGs.

Kepala Bidang Pengembangan Organisasi BPP UMY, Evi Rahmawati mengatakan, dari 17 poin SDGs yang ditetapkan UN, UMY meraih empat poin, yakni tidak ada kelaparan, kesehatan dan kesejahteraan yang baik, air bersih dan sanitasi, dan kemitraan untuk tujuan.

“Ini salah satu hasil dari apa yang sudah dilakukan UMY selama ini,” kata Evi, Kamis (22/4).

Ia menegaskan, prestasi yang diraih pertama kali oleh UMY dalam THE Impact Rankings merupakan bukti bahwa UMY memiliki komitmen terhadap standar internasional. Pada saat yang sama, itu menjadi lebih kompetitif dalam skala internasional dengan pengakuan.

Ke depan, imbuh Evi, BPP akan rutin mengecek soal keberlanjutan UMY. Ia berharap ke depan UMY bisa memasukkan unsur SDGs dalam semua fasilitas dan kebijakan standar yang ada, sehingga bisa berkontribusi.

“Sebagai bonus, pada rangking selanjutnya Insya Allah akan lebih mudah bagi UMY untuk mendapatkan rangking tersebut,” kata Evi.


Source