Uni Eropa Mendesak De-eskalasi Konflik Israel-Palestina

Uni Eropa mengutuk serangan roket Palestina di Israel

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS – Uni Eropa mengutuk serangan roket Palestina ke Israel. Blok meminta semua pihak untuk mengurangi ketegangan atau de-eskalasi dan mencegah korban dari warga sipil.

Warga Palestina menembakkan roket tanpa henti ke Israel saat militer Israel menggempur Gaza dengan serangan udara sejak Selasa (11/5) pagi. Serangan timbal balik ini adalah bagian dari ketegangan yang meningkat akibat bentrokan di Yerusalem.

“Penembakan roket dari Gaza ke warga sipil di Israel sama sekali tidak dapat diterima dan menambah dinamika ketegangan,” kata Komisi Uni Eropa dalam pernyataannya, Senin (10/5) malam lalu.

“Lonjakan kekerasan yang signifikan di Tepi Barat yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur serta di dalam dan sekitar Gaza, harus segera dihentikan,” tambah Uni Eropa.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengutuk pengusiran keluarga Palestina di Yerusalem Timur. Dia menyebut pengusiran itu ilegal dan hanya menambah ketegangan di lapangan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken juga mengutuk serangan roket dari Gaza ke Israel. Dia mendesak semua pihak bergerak untuk mengurangi ketegangan.

sumber: Reuters




Source