Untuk Pemerataan Vaksinasi, Kemenkes Prioritaskan Pengiriman Vaksin ke Daerah yang Stoknya Habis

    TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Kesehatan akan menunda pengiriman vaksin Covid-19 ke daerah yang masih memiliki stok vaksin hingga 30 hari.

    Hal itu disampaikan langsung Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi yang dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Kamis (2/9/2021).

    “Pengiriman vaksin ke kabupaten/kota yang memiliki stok lebih dari 30 hari akan ditunda dulu,” kata Nadia dalam siaran video di kanal YouTube Kompas TV, Kamis (2/9/2021).

    Menurut Nadia, penundaan pengiriman vaksin ke daerah-daerah yang memiliki stok lebih banyak dilakukan untuk mendistribusikan vaksin secara merata.

    Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2ML) Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/2/2021). (Tribunnews.com/ Rina Ayu)

    Baca juga: Ketua DPR: Jangan Biarkan Vaksin Celah

    Sehingga pemberian vaksin dapat diprioritaskan untuk daerah yang stok vaksinnya rendah.

    Namun, keterlambatan pengiriman vaksin ke daerah dengan stok lebih banyak hanya bersifat sementara.

    Lebih lanjut, kata Nadia, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi terkait pengiriman vaksin Covid-19.

    Nadia juga berharap setiap Kabupaten/Kota dapat segera melakukan pengecekan ulang dan pemutakhiran data ketersediaan vaksin.

    “Tentunya akan kita komunikasikan dan koordinasikan, dan diharapkan kabupaten/kota segera melakukan pengecekan dan pemutakhiran data terkait stok yang terpantau di stok vaksin yang kita ketahui bersama,” tambah Nadia.

    Baca juga: Lambat Progres, Wamenkes imbau mendampingi dan mendampingi lansia saat vaksinasi

    Lebih dari 1,1 Juta Vaksin Pfizer Tiba Hari Ini



    https://www.tribunnews.com/corona/2021/09/02/demi-pemerataan-vaksinasi-kemenkes-prioritaskan-pengiriman-vaksin-ke-daerah-dengan-stok-menipis