Update Informasi CPNS dan PPPK: Naskah Soal Selesai, Baru Diinput ke CAT System

    TRIBUNNEWS.COM – Naskah soal seleksi bakal calon pegawai negeri sipil (CASN) sudah diserahkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

    Naskah soal seleksi CASN sebelumnya telah disusun oleh tim penyusun naskah soal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

    Naskah soal, nantinya akan digunakan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dan Seleksi Kompetensi Calon Pegawai Negeri Sipil Perjanjian Kerja (CPPPK) tahun ini.

    Dengan penyerahan soal seleksi CASN, Tim Panselnas selanjutnya akan melakukan proses input ke dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).

    Dalam proses ini, kata Menpan RB, Tjahjo Kumolo, diperlukan kehati-hatian untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data yang dimaksud.

    Baca juga: Sudah Terdaftar Sekolah Resmi, Apakah Bisa Bergabung dengan Pendaftaran CPNS / PPPK?

    Baca juga: Apa itu SKD, SKB, dan Passing Grade? Berikut penjelasan istilah-istilah dalam Seleksi CPNS

    “Kami yakin sejak tahun-tahun sebelumnya, kerahasiaan dan keamanan data menjadi kata kunci bersama,” kata Menteri Tjahjo pada acara Serah Terima Naskah Seleksi TA 2021 Formasi CASN, secara virtual, Selasa (20/4/2021).

    Ia berpesan agar seluruh Tim Panselnas dan pihak yang terlibat dalam naskah soal ini harus bekerjasama dengan Kementerian PANRB, BKN, Kemendikbud guna mengawal kelancaran dan keamanan seluruh rangkaian proses seleksi CASN tahun 2021.

    Tahapan pembuatan soal

    Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa SKD merupakan instrumen penting dalam menjaring calon ASN yang berkualitas.

    Dijelaskannya, penyusunan soal seleksi dilakukan dalam beberapa tahap.




    Source