Ustadz Dasad: Toleransi itu sangat sederhana asalkan dipahami

Toleransi adalah saling menghormati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ustadz Das’ad Latif mengingatkan pentingnya toleransi dan kerukunan umat beragama. Toleransi baginya sangat sederhana asalkan dipahami dan diamalkan dengan sebaik-baiknya.

“Toleransi itu sangat sederhana, kamu mengamalkan agamamu, aku mengamalkan agamaku,” kata Ustadz Das’ad dalam webinar Kerukunan Umat Beragama dan Nasional Ditinjau dari Al Quran, Al-Kitab, Wedha, dan Tripitaka, Jumat (2/7). .

Dia menjelaskan bahwa bukan toleransi ketika umat Islam datang ke gereja dan menyanyikan pujian. Atau non-Muslim yang masuk masjid dan shalat. Menurutnya, hal seperti ini bukanlah toleransi, melainkan hanya mengaburkan ajaran agama.

Sedangkan toleransi dalam Islam, menurut Ustadz Das’ad, adalah menghormati agama lain, membiarkan pemeluk agama lain beribadah tanpa perlu umat Islam mengikuti akidah atau syariatnya. Begitu pula sebaliknya bagi pemeluk agama lain masuk Islam.

Dalam sejarahnya, Ustadz Das’ad menjelaskan, Nabi Muhammad SAW mengajarkan toleransi dan kerukunan dengan terbukti membangun masyarakat madani di Madinah. Di sana, pemeluk agama lain dipersilakan dan dilindungi oleh Islam asalkan mau bekerja sama secara rukun dan muamalah.

‚ÄúToleransi adalah kerjasama, menghargai, dan membiarkan orang lain menjalankan ajaran agama sesuai dengan keyakinannya tanpa mengganggu keyakinan agama kita. Saling menghormati,” ujarnya.



https://www.republika.co.id/berita/qvm68g366/ustadz-dasad-toleransi-sangat-sederhana-asal-dipahami