Usulan ISMI Aceh Tentang Wisata Halal

    IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Kota Banda Aceh disarankan membentuk tim terpadu gunamerek rencana pengembangan wisata halal di ibu kota provinsi Aceh.

    “Tentu kita berharap bisa membentuk tim terpadu, dalam hal ini keterlibatan semua dimensi untuk mengevaluasi wisata halal, mulai dari nama hingga prosesnya,” kata Ketua Ikatan Pedagang Muslim Indonesia (ISMI) Aceh Nurcholis di Banda Aceh, Jumat (6/8).

    Saat ini Komisi IV DPRK Banda Aceh bersama Dinas Pariwisata dan Dinas Syariat Islam setempat sudah mulai merumuskan konsep kebijakan terkait pengembangan wisata halal di tanah Rencong.

    Pembahasan draf peraturan pariwisata halal Banda Aceh melibatkan banyak pihak, karena ada beberapa aspek yang ingin diatur di dalamnya, mulai dari urutan pelaksanaan, proses hingga pengelolaan.

    Nurcholis menuturkan, berbicara tentang wisata halal, pada dasarnya Aceh sebagai kawasan syariat Islam dapat dipastikan apa yang disediakan hampir 100 persen halal. Namun sejauh mana kehalalan dipraktikkan dalam proses operasionalnya.

    “Dari sisi nomenklatur kami, ini wilayah syariat Islam, halal itu proses. Oleh karena itu harus disertai langkah-langkah konkrit,” ujarnya.



    https://www.ihram.co.id/berita/qxfbk3313/usulan-ismi-aceh-soal-wisata-halal