Vaksin COVID-19 Berbasis Riset Masih Efektif Melawan Varian Virus COVID-19 Alpha dan Delta

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA Pandemi Covid-19 sudah berlangsung hampir dua tahun.

Virus SARS-Cov-2 penyebab COVID-19 juga bermutasi dan memunculkan berbagai varian baru.

Dengan mengenali varian virus COVID-19, baik yang baru maupun yang lama, serta memahami gejala dan cara pencegahannya, masyarakat dapat menekan lonjakan kasus yang terjadi belakangan ini di tanah air.

“Virus COVID-19 itu fluktuatif, ada dua varian yang menjadi perhatian saya yaitu varian Alpha (B.1.1.7) dan Delta (B.1.617).

Tapi selain mutasi virus, lonjakan kasus juga karena keramaian,” kata Prof I Gusti Ngurah Kade Mahardika, Guru Besar Kedokteran Hewan Universitas Fak. Udayana dan Anggota Tim Ahli Medis Gugus Tugas Covid-19, di KPCPEN. Dialog Publik yang disiarkan FMB9ID_IKP, Selasa (22/6).

“Vaksin COVID-19 sendiri sudah dipelajari dan masih efektif melawan varian virus COVID-19 khususnya Alpha dan Delta.

Baca juga: 151 Kasus Varian Delta Ditemukan di 8 Provinsi, Indonesia Pantau Tiga Varian Baru Virus Corona

Saya mendukung percepatan vaksinasi oleh pemerintah.

Karena dengan cakupan vaksinasi COVID-19 40-50% di negara-negara Eropa, mereka sudah berani menggelar Piala Eropa 2021,” tambah Prof Mahardika.

Prof. Dr. Kusnandi Rusmil, Ketua Tim Peneliti Uji Klinik Vaksin COVID-19 Universitas Padjadjaran juga mengatakan dampak COVID-19 sangat-sangat besar.

Jika kita terinfeksi virus ini, akibatnya akan fatal, jadi kita harus benar-benar menghindarinya.



https://www.tribunnews.com/corona/2021/06/23/vaksin-covid-19-berdasarkan-penelitian-masih-efektif-melawan-varian-virus-covid-19-alfa-dan-delta