Vaksinasi Covid-19, Gerakan 10.000 Vaksin untuk Masyarakat Yogyakarta oleh Rotary International

    TRIBUNNEWS.COM – Enam Rotary Club Internasional D3410 Area Jogja (Rotaract Club of Yogyakarta Malioboro – RACYM, Rotary Club of Yogyakarta Malioboro, RC Yogyakarta Mangkubumi, RC Tamansari, RC Jogja Merapi, dan RC Mataram Yogyakarta) bekerjasama dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dan Politeknik Kementerian Kesehatan Yogyakarta (Poltekkes Jogja) menggelar “Gerakan 10.000 Vaksinasi Bagi Masyarakat Yogyakarta” pada Rabu – Sabtu, 25 – 28 Agustus 2021 pukul 07.30 – 12.30 WIB di Auditorium Koinonia UKDW Yogyakarta.

    Tujuan Gerakan 10.000 Vaksinasi adalah untuk menciptakan inklusivitas dalam pemberian vaksin di Daerah Yogyakarta.

    Vaksin Sinovac dapat diberikan kepada orang yang berusia 12 tahun ke atas, termasuk orang tua, penderita diabetes mellitus, pasien paru-paru, ibu hamil dan menyusui dengan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

    Pengadaan vaksin diprakarsai oleh Ns. Ida Mardalena, S.Kep., M.Si dari Poltekkes Jogja.

    RACYM ingin terlibat langsung dalam menyukseskan program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

    Kegiatan ini merupakan rangkaian yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 untuk dosis pertama dan Sabtu 21 Agustus 2021 untuk dosis kedua di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.

    Agenda ini mendapat antusias yang besar dari masyarakat Kota Yogyakarta.

    Pembukaan “Gerakan 10.000 Vaksinasi Bagi Masyarakat Yogyakarta” ini dihadiri oleh GKBRAA Paku Alam yang akrab disapa Gusti Putri, Rektor UKDW – Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D, perwakilan dari 6 (enam) Rotary Club Area Jogja, dan perwakilan dari Rotary Disaster Response District 3140.

    Pada kesempatan ini, Gusti Putri memberikan kata-kata penyemangat dan ajakan kepada para peserta yang mendapatkan vaksinasi.

    Ia berharap pengadaan vaksin lebih komprehensif di wilayah Yogyakarta sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan kembali secara tatap muka.

    Hal ini sejalan dengan harapan UKDW sebagai lembaga pendidikan dan Rotary International yang menginginkan herd immunity di wilayah Yogyakarta.

    tekan. Patricia, Pres. Leony, dan Pres. Martijn selaku Dewan Penasehat Gerakan 10.000 Vaksinasi juga mengucapkan terima kasih kepada Rotary District 3410 Indonesia, beberapa sponsor dan 200 relawan yang bersedia terlibat langsung.

    Keberhasilan kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dan dukungan dari banyak pihak mengingat tingginya target dan pelaksanaan selama 4 hari berturut-turut.

    Capt. Budi Soehardi selaku Bupati RID 3410 mengatakan Rotary dan Rotaract International merupakan organisasi sosial nirlaba internasional yang siap membantu pemerintah dalam menangani percepatan vaksin di Indonesia. Informasi lebih lanjut tentang Rotary International dapat ditemukan di halaman https://www.rotary.org/en.



    https://www.tribunnews.com/regional/2021/08/30/vaksinasi-covid-19-gerakan-10000-vaksin-untuk-masyarakat-yogyakarta-oleh-rotary-internasional