Vaksinasi Lansia Tokyo Dikonfirmasi Berakhir Juni 2021 dan Dimulai untuk Usia 16 Tahun ke Atas di Jepang

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO – Vaksinasi untuk lansia di Tokyo dipastikan untuk kedua kalinya selesai pada akhir Juni 2021 dan sekaligus vaksinasi untuk masyarakat umum berusia 16 tahun ke atas dimulai pada akhir Juni 2021.

“Kami akan memvaksinasi masyarakat lebih cepat dari yang direncanakan, akhir Juni 2021 mungkin bisa dilakukan,” kata sumber dari Tribunnews.com, Rabu (2/6/2021).

Oleh karena itu, mulai sekarang, lanjutnya, mungkin warga Tokyo bisa berkonsultasi ke klinik terdekat atau ke Puskesmas terdekat untuk menanyakan kemungkinan mendaftar vaksinasi.

“Untuk beberapa klinik di Tokyo sepertinya sudah mulai mendaftar vaksinasi umum sejak pertengahan Juni dan akhir Juni atau Juli vaksinasi pertama sudah dimulai,” lanjutnya.

Vaksin coronavirus baru untuk orang tua sudah dapat diamankan dalam jumlah yang dapat disuntikkan dua kali oleh semua orang tua di Tokyo pada akhir Juni.

Pemerintah Metropolitan Tokyo mengumumkan bahwa mereka telah mengamankan 1361 kotak vaksin tambahan untuk orang tua yang akan didistribusikan di Tokyo selama minggu 21 Juni dan minggu 28 Juni.

Berdasarkan kelurahan, kota, dan desa, wilayah Katsushika-ku memiliki jumlah terbesar yaitu 101 kotak, disusul wilayah Adachi-ku dengan 85 kotak, wilayah Nerima-ku dengan 80 kotak, wilayah Setagaya-ku dengan 71 kotak, dan Ota- ku area dengan 68 kotak.

Jumlah wadah vaksin dalam satu kotak adalah 195, dan karena satu wadah memasok jarum suntik yang dapat diinokulasi 6 kali, 1170 dosis dapat diinokulasi dalam satu kotak.

“Menggabungkan 1361 kotak kali ini dan vaksin yang didistribusikan sejauh ini berarti kami dapat mengamankan semua hitungan untuk sekitar 3,11 juta orang lanjut usia di Tokyo.”



https://www.tribunnews.com/internasional/2021/06/02/dipastikan-vaksinasi-lansia-tokyo-berakhir-juni-2021-dan-mulai-untuk-16-tahun-ke-atas-di-jepang