Valdano percaya kepergian Messi akan merugikan Barcelona dan Madrid

    Kualitas Real Madrid biasanya diukur dari kekuatan rival abadinya, Barcelona.

    REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Mantan General Manager Real Madrid, Jorge Valdano menilai kepergian Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG) merugikan Barcelona dan Real Madrid. Barcelona jelas menjadi pihak yang sangat dirugikan dengan kepergian Messi.

    Apalagi, kegagalan La Blaugrana mempertahankan Messi bukan karena hubungan yang retak atau permainan Messi yang menurun sehingga tidak diperpanjang. Namun, Barcelona tidak punya uang dan terhambat oleh pembatasan gaji oleh La Liga Spanyol.

    “Sebuah ilusi tercipta, dan karena semuanya terjadi begitu cepat, sepertinya dia telah diusir. Dalam permainan di mana identitas sangat penting, menyingkirkan legenda seperti dia tidak hanya menyakitkan, tetapi juga tidak bisa dijelaskan. Olahragawan, Selasa (7/9).

    Valdano pun menyebut Madrid dirugikan dengan hengkangnya La Pulga. Karena kualitas Madrid diukur dari segi kekuatan sang rival. Barcelona sebagai rival abadi selalu bersaing dalam perburuan gelar dengan Messi sebagai sosok jenius dalam permainan klub Catalan.

    Valdano kemudian mengomentari tawaran Madrid musim panas ini untuk mengontrak bintang PSG Kylian Mbappe. Namun Los Blancos gagal mendatangkan Mbappe ke Santiago Bernabeu. Dia mengatakan Mbappe memiliki satu musim tersisa di kontraknya dan akan segera menjadi agen bebas.

    Dengan demikian, masa depan Mbappe akan tergantung pada pemain itu sendiri, bukan klub. “Kami harus berasumsi bahwa jika Madrid menghubunginya, setidaknya dia akan merespons.”

    Mbappe memang menjadi incaran utama Madrid dalam beberapa musim terakhir. Musim panas ini, Madrid telah mengajukan proposal resmi ke PSG tetapi ditolak. Sang pemain juga mengisyaratkan akan hengkang dari PSG jika dinilai dari keengganannya untuk menandatangani perpanjangan kontrak.



    https://www.republika.co.id/berita/qz27n4438/valdano-nilai-kepergian-messi-rugikan-barcelona-dan-madrid