Verstappen Menang di Zandvoort

    Verstappen dan Hamilton memulai balapan seri ke-13

    REPUBLIKA.CO.ID, BELANDA – Tuan rumah Max Verstappen kembali memuncaki klasemen sementara pembalap Formula 1 setelah mengalahkan rival utamanya Lewis Hamilton untuk merebut kemenangan pada Grand Prix Belanda di Sirkuit Zandvoort, Minggu (5/9).

    Verstappen dan Hamilton memulai balapan ke-13 mereka dalam kalender dari barisan depan setelah pembalap Red Bull itu merebut pole position.

    Beruntung, kedua pebalap tidak mengulangi insiden Silverstone di mana mereka terlibat tabrakan saat memperebutkan posisi di lap pertama balapan.

    Verstappen cukup dominan untuk menjalani balapan 72 lap tanpa disalip lawannya, kecuali pitstop, hingga melewati garis finis 20,9 detik di depan Hamilton dengan hiruk pikuk puluhan ribu Orange Army yang memenuhi tribun penonton. Sirkuit Zandvoort, yang menjadi tuan rumah balapan lagi setelah 36 tahun. Menurut situs resmi Formula 1.

    Hamilton, yang tidak mampu menyamai kecepatan pebalap Red Bull itu, mendapat tambahan poin untuk lap tercepat berkat ganti ban lunak di akhir balapan, sementara Valtteri Bottas melengkapi podium untuk Mercedes di urutan ketiga.

    Verstappen menjadi satu-satunya pebalap Belanda yang memenangkan balapan di kandang sendiri, dan dengan 25 poin ia mengubah defisit tiga poin di klasemen menjadi keunggulan tiga poin saat pemuncak klasemen baru itu memindahkan Hamilton ke posisi kedua.

    Bottas berada di peringkat ketiga dengan jarak lebih dari 100 poin dari pemuncak klasemen.

    “Seperti yang Anda dengar, ini luar biasa. Ekspektasi tinggi menjelang akhir pekan ini, saya sangat senang bisa menang di sini. Ini hari yang luar biasa, seluruh penonton luar biasa,” kata Verstappen.

    Di awal balapan, Mercedes memanggil Hamilton untuk pitstop lebih awal, dan Red Bull merespons beberapa lap kemudian dengan pitstop yang lebih cepat sehingga Verstappen kembali ke trek dan tetap berada di depan para pesaingnya.

    Verstappen sempat tertahan di belakang Valtteri Bottas, namun tak butuh waktu lama bagi pembalap Red Bull itu untuk kembali memimpin setelah pembalap Finlandia itu mengganti ban pada lap 32.

    Mobil 33 Red Bull itu menjaga jarak sekitar tiga detik dari rival terdekatnya, tapi di 20 lap terakhir Hamilton mencetak beberapa lap tercepat untuk mencoba memperkecil jarak.

    Namun, Hamilton tidak mampu mencapai jangkauan menyerang ke Verstappen dan di dua lap terakhir Mercedes menariknya ke pitstop untuk mengambil poin tambahan dari lap tercepat dengan ban lunak baru.

    Hamilton memuji penampilan dominan Verstappen serta pendukung fanatiknya di Zandvoort.

    “Max melakukan pekerjaan dengan baik, selamat untuknya,” kata Hamilton.

    “Saya memberikan segalanya, mereka (Red Bull) terlalu cepat untuk kami.”

    Pierre Gasly tidak mengubah posisinya sejak start dan finish P4 untuk AlphaTauri.

    duet ferrari

    Charles Leclerc dan Carlos Sainz menyelesaikan P5 dan P7 dipisahkan oleh Fernando Alonso yang mencuri tempat dari pembalap Spanyol itu untuk mengamankan P6 bagi tim Alpine.

    Nicholas Latifi dan Sergio Perez memulai balapan dari pit lane setelah mengganti komponen mesin mereka.

    Perez terpaksa masuk pit lagi untuk mengganti ban yang mengalami flatspot setelah ban mobil pebalap Meksiko itu terkunci saat mencoba menyalip Nikita Mazepin di awal balapan.

    Perez bangkit kembali dari posisi terbawah dan menyelesaikan P8 untuk Red Bull, sementara Esteban Ocon dan Lando Norris melengkapi sepuluh besar untuk Alpine dan McLaren.

    Robert Kubica melakukan debut balapnya dengan seragam Alfa Romeo menggantikan Kimi Raikkonen yang dinyatakan positif Covid-19. Pembalap Polandia itu finis P15 di belakang rekan setimnya, Antonio Giovinazzi.

    F1 akan dilanjutkan ke Monza, Italia, pekan depan sebagai seri ketiga dari triple header di awal paruh kedua musim.

    sumber: antara



    https://www.republika.co.id/berita/qyyw6u480/verstappen-raih-kemenangan-di-zandvoort