Video Pembelajaran Dosen Universitas BSI

Dosen BSI berbagi ilmu tentang pembuatan video pembelajaran menggunakan Microsoft Powerpoint

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Program Studi (Prodi) Teknologi Informasi Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PM) di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Masjid Jami ‘Darul Hikmah, Cinere, Depok, secara online semi offline dan online via zoom, Sabtu (3/4).

Tim dosen yang terdiri dari Tati Mardiana, Wati Erawati, Dinar Ajeng Kristanti dan Ahmad Al Kaafi memberikan pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan Microsoft Powerpoint. Tati Mardiana selaku ketua tim pelaksana menyampaikan bahwa keberadaan TPQ memiliki peran penting dalam membangun akhlak dan moral sehingga dengan adanya pelatihan pembuatan video pembelajaran ini menambah ketrampilan para pengurus TPQ.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para guru TPQ Darul Hikmah dalam membuat video pembelajaran yang menarik, sehingga dapat menarik minat siswa dalam belajar. Pentingnya keberadaan TPQ sebagai wadah yang membangun akhlak dan akhlak anak-anak jaman sekarang, tentunya , harus terus dilestarikan. Salah satu cara agar anak betah di TPQ adalah dengan video pembelajaran yang menarik, ”terangnya dalam keterangan rilis, Rabu (7/4).

Lebih lanjut Tati menyampaikan bahwa PowerPoint tidak hanya sebagai media presentasi, tetapi juga dapat digunakan untuk video pembelajaran yang menarik dan unik. Fitur yang tersedia juga lebih mudah digunakan oleh orang awam, sehingga membantu untuk memasukkan teks, audio, video, gambar atau media lainnya.

“Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft PowerPoint salah satunya adalah pembuatan video pembelajaran yang sering luput dari perhatian para penggunanya. Pembuatan video pembelajaran melalui PowerPoint lebih mudah karena terdapat fitur animasi yang dapat disisipkan ke dalamnya, sehingga biasa saja. orang akan lebih mudah menggunakannya dibanding software pembuat video lainnya, “tambah Tati.

Manajemen TPQ Darul Hikmah, Romelih menanggapi kegiatan ini dengan sambutan yang hangat. Menurutnya, materi yang disampaikan sangat memudahkan pengelola sebagai tim pengajar untuk membuat video pembelajaran dengan cepat dan mudah.

“Saya sangat berterima kasih atas kegiatan ini, sangat bermanfaat. Pelatihan membuat video pembelajaran sangat membantu tim pengajar dalam membuat video pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan. Semoga kedepannya kampus UBSI terus mengadakan kegiatan serupa dengan materi berbeda untuk dibagikan dengan publik, “kata Romelih.




Source