Volume sampah dari DKI pada hari pertama Lebaran mencapai 2.142 ton

    Volume sampah di DKI Jakarta mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Volume sampah dari DKI Jakarta pada hari pertama Lebaran 2021 yang dikirim ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat mencapai 2.142 ton. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin mengatakan, volume sampah itu jauh menurun dibanding periode yang sama tahun lalu (2020) sebanyak 2.195 ton.

    “Tahun ini sampah diangkut ke TPST Bantar Gebang menggunakan 405 truk. Sedangkan tahun lalu pengangkutan mencapai 432 truk,” kata Syaripudin, Jumat (14/5).

    Pada H-1 Lebaran tahun ini, total sampah mencapai 8.713 ton dengan 1.580 rel sampah diangkut ke TPST Bantar Gebang. “Tonase sampah yang dikirim ke TPST Bantar Gebang beberapa hari sebelum Lebaran lebih tinggi karena adanya pengosongan depo dan TPS. Tujuannya agar pengemudi truk sampah bisa bersilaturahmi dengan keluarganya selama Idul Fitri,” dia berkata.

    Syaripudin menambahkan, TPST Bantar Gebang akan tetap beroperasi hingga pukul 04.00 WIB saat Idul Fitri dan dibuka kembali pada pukul 10.00 WIB.

    “Saat ini dwelling time atau rata-rata waktu antrian truk pengangkut sampah, timbang dan bongkar sampah hanya ada tiga jam 47 menit. Ini salah satu indikator pengelolaan TPST Bantar Gebang tetap berjalan normal,” ujarnya. .

    sumber: Antara




    Source