Wagub Tolak Walkot Jakarta Timur Soal Status PPKM Level 1

    Sebelumnya, M Anwar menyebut Jakarta Timur merupakan wilayah dengan PPKM level 1.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan hingga saat ini wilayah DKI Jakarta masih berstatus tingkat tiga Pelaksanaan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dia menolak PPKM tingkat satu yang sudah dilaksanakan di Jakarta Timur menurut data Kementerian Kesehatan.

    “Yang dimaksud Kemenkes bukan level PPKM, tapi Kemenkes membuat penilaian sendiri yang berbeda dengan level PPKM,” ujarnya saat ditemui di Balaikota DKI, Rabu (29/9).

    Pernyataan Wakil Gubernur itu menyusul pernyataan Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, yang mengatakan wilayah pemerintahannya berstatus PPKM Tingkat satu.

    Menurut Anwar, hasil Jakarta Timur berdasarkan penelitian dari Pemerintah Pusat sebagai salah satu kota yang berhasil menekan angka penularan Covid-19. “Tidak, salah maksudnya (walikota),” jelasnya.

    Secara umum, kata Riza, level satu diartikan sebagai transmisi yang belum terjadi namun masih ada batasan dalam penerapannya. Termasuk upaya pencegahan penularan atau jika ada kasus yang masih bisa dikendalikan melalui langkah-langkah efektif.

    “Level 2 menurut Kemenkes adalah situasi dengan insidensi masyarakat yang rendah, level 3, penularan masyarakat dengan kapasitas respon yang terbatas dan terdapat risiko pelayanan kesehatan yang tidak memadai,” ujarnya.

    Atas dasar itu, ia meminta masyarakat bisa membedakan tingkat yang dimaksud Kemenkes, yang berbeda dengan PPKM pada umumnya.

    Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar meminta warganya untuk menjaga protokol kesehatan Covid-19. Membahas keberhasilan menurunkan level, katanya, terlihat dari rekam jejak Jakarta Timur, yang terus mengintensifkan tindakan disipliner terhadap peraturan PPKM.

    Lebih lanjut, Anwar menilai beberapa upaya juga telah dilakukan hingga saat ini untuk terus mendukung hal tersebut. Dengan demikian, Kota Jakarta Timur dianggap sebagai wilayah Kota dengan predikat PPKM Tingkat 1.

    “Meski sudah masuk level 1, disiplin protokol kesehatan harus tetap dijaga. Jangan sampai terjerumus ke dalam euforia,” jelas Anwar.



    https://www.republika.co.id/berita/r087pu330/wagub-bantah-walkot-jaktim-soal-status-ppkm-level-1