Wakaf Salman Memberikan Bantuan untuk Desa Tertinggal dan Masjid

Paket bantuan baju muslim berasal dari donasi pelanggan yang berbelanja.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Selama Maret 2021 Wakaf Salman telah menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat kurang mampu yang membutuhkan. Salah satunya adalah paket baju muslim hasil sumbangan pelanggan yang berbelanja.

Menurut Direktur Wakaf Salman ITB, M Khirzan N Noe’man, hasil dari program Charity Shopping, kerjasama antara Salman Waqf dan Elfoundation. Charity Shopping merupakan undangan berbelanja pakaian kepada pelanggan di Elzatta untuk dibagikan kepada semua orang yang membutuhkan di desa tertinggal atau korban bencana.

“Setiap pelanggan yang berbelanja, bisa dengan mudah berdonasi. Program ini berkolaborasi dengan program 1000 Desa,” kata Khirzan, Selasa (6/4).

Berbicara tentang program 1.000 desa, kata dia, ini akan menjadi salah satu media bagi para donatur atau wakif, untuk membantu membangun dan memberdayakan desa.

Menurutnya, potensi desa tertinggal didorong agar bisa mengembangkan diri secara mandiri. Program ini, juga membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat desa.

“Untuk mendukung hal tersebut, alhamdulillah dalam satu bulan telah didistribusikan sebanyak 306 pcs dan 75 bungkus 3-4 pcs sisi telah didistribusikan,” ucapnya.

Lokasi distribusi, kata dia, menjangkau beberapa desa dan masjid di Jabar. Semua lokasi mendapat paket senilai 200 juta rupiah. Penerima manfaat adalah masyarakat setempat, pendidik, pengurus, dan pengelola sekolah dan masjid. Mereka berada di Kompleks Khairina (Desa Cimenyan), RA. Nafilatul Husna (Rancaekek), Monumen Alam (Punclut), Kampung Ilmu, Masjid Cimareme, dan Salman ITB.

Desa Salam, kata dia, akan menjadi lokasi distribusi selanjutnya, sekitar 125 paket akan dikirim ke Kampung Salam. Paketnya berisi 3-4 pcs baju muslim berupa gamis, tunik, dan baju koko.

“Terima kasih banyak kepada Wakaf Salman dan Elfoundation, atas penyaluran donasi belanja zakat. Insyaallah akan bermanfaat dan menjadi berkah bagi semua orang. Jazakumullah khairan katsiran, ”kata Teh Lala, salah satu pengurus Yayasan Tugu Alam Lestari.

Menurut Khirzan, penyaluran program Charity Shopping ini dapat terlaksana berkat kerjasama antara Salman Waqf, Elfoundation, dan donatur. Ini adalah awal dari inisiatif baru untuk membantu mereka yang membutuhkan. Dengan berbelanja untuk kepuasan diri dan kepuasan keluarga, setiap orang juga bisa memberikan kepuasan bagi orang lain.

“Mari kita bantu saudara-saudari kita semua untuk merasakan kebahagiaan sejati yang bersumber dari kebaikan kita. Kita dorong mereka untuk tetap semangat membangun dan mengembangkan diri sehingga bisa meningkatkan kesejahteraannya,” terangnya.

Apalagi, kata dia, bagi masyarakat di desa miskin. Menurutnya, besar harapan dengan penyaluran ini dapat menjaga harapan masyarakat untuk terus menjadi bagian dari desa berdaya.




Source