Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara: Perusahaan wajib memberikan THR bagi karyawan

    THR merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja dan keluarganya.

    REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI – Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara) Lukman Abunawas mengingatkan perusahaan harus memberikan hak karyawan, salah satunya tunjangan hari raya (THR). Lukman mengatakan pemberian THR oleh perusahaan kepada karyawannya sangat penting untuk membantu perekonomian mereka saat Idul Fitri. Apalagi dalam situasi pandemi Covid-19.

    “THR ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan. Apalagi pada masa pemulihan ekonomi ini,” kata Lukman di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (21/4).

    Lukman menyampaikan imbauan tidak hanya datang dari Menteri Tenaga Kerja, tapi juga dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Menurut Lukman, SE pemberian THR itu ditujukan kepada gubernur di seluruh Indonesia. Pemberian THR religius merupakan kewajiban yang harus diemban oleh pemberi kerja kepada pekerja.

    “Jadi pimpinan perusahaan mempersiapkan THR tenaga kerjanya, untuk membantu memenuhi kebutuhan Lebaran,” kata Lukman.

    Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengingatkan pengusaha agar membayar THR kepada pekerjanya tepat waktu sebagaimana diatur. “THR harus diberikan, itu wajib sesuai dengan undang-undang. Tapi, kalau kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk dibicarakan baik-baik dengan pekerja. Kita semua tahu syaratnya,” kata Sulkarnain.




    Source