Wali Murid Minta Ijazah dan SKHUN Terbit Tepat Waktu

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Beberapa tahun terakhir wali murid kerap mengeluhkan keterlambatan penerbitan Ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), pasca Ujian Nasional (UN) terutama di tingkat dasar dan lanjutan pertama. Keterlambatan itu mengakibatkan para wali murid sering bolak-balik menyita waktu yang cukup banyak memastikan kapan diterimanya ijazah dan SKHUN anaknya.

Karenanya para wali murid mengharapkan kepada pihak terkait untuk memberikan pelayanan prima terhadap keberadaan ijazah dan SKHUN sesuai dengan jadwal. “Kami harap ijazah SKHUN terbit tepat waktu, karena kebutuhan melanjutkan ke luar daerah,” kata salah seorang wali murid Wahda, SPd.

Seperti diketahui sejumlah kendala yang mengakibatkan keterlambatan pembagian ijazah dan SKHUN itu di antaranya keterlambatan blangko diterima oleh sekolah tempat ijazah itu ditulis masih bersifat teknis. Sehingga berdampak pada keterlambatan menulis ijazah tersebut.

Menyikapi hal itu pihak-pihak terkait termasuk Ketua KKM MTsN Sumbawa Adiat, SAg, telah mengyampaikan apa yang menjadi keluhan para wali murid itu ke pihak terkait yang berwewenang di tingkat provinsi, dengan harapan bisa dipastikan tahun ini tidak terulang lagi keterlambatan penerimaan ijazah dan SKHUN. Yang selama ini solusi diberikan kepada siswa yang melanjutkan diberikan surat keterangan sementara pengganti yang dipakai sebagai kelengkapan administrasi melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.