Wanita Hindu dan Muslim Menyumbangkan Ginjal Selamatkan Suami

    IHRAM.CO.ID, NEW DELHI — Kebutuhan mendesak akan donor ginjal yang menentukan hidup matinya Vikas Uniyal (51) dan Ashraf Ali (52), membuat hubungan Sushma Uniyal dan Sultana Ali sangat erat. Kedua ibu rumah tangga itu sembilan bulan lalu tidak saling mengenal sama sekali.

    Mereka dipertemukan oleh takdir, ketika suami masing-masing menderita penyakit yang sama, gagal ginjal sejak 2019, dan harus segera mendapatkan donor. Keluarga Hindu dan Muslim berpisah, mengajukan rujukan di berbagai rumah sakit, tetapi tidak ada yang cocok. Sushama tidak dapat menyumbangkan ginjalnya kepada suaminya, Vikas, karena masalah ketidakcocokan. Begitu juga Sultana kepada suaminya, Ashraf.

    Hingga suatu hari di Januari 2021, keduanya mendapat telepon dari Dr Shahbaz Ahmed, seorang nephrologist yang kebetulan merawat Vikas dan Ashraf.

    “Saya memeriksa file mereka dan menyadari bahwa golongan darah Sultana, A, cocok dengan Vikas dan Sushma dengan Ashraf, B. Saya segera menghubungi keluarga,” kata seorang spesialis ginjal terkenal di rumah sakit Himalaya di Dehradun, dikutip dari Berita Arab, Senin (27/9).

    Ahmed menyarankan agar Sushama dan Sultana mendonorkan ginjal mereka untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi, dan mengesampingkan perbedaan agama mereka demi keselamatan suami masing-masing. Ahmad menyadarinyakecerdasan antar agama terlibat dengan operasi transplantasi, tetapi dia memutuskan untuk tetap bertanya.

    “Saya memperkenalkan keluarga satu sama lain pada bulan Januari, dan mereka menyetujui rencana tersebut. Setelah melakukan beberapa tes, saya menemukan bahwa organ mereka dapat ditukar… dan akan membuat transplantasi yang baik. Begitulah awalnya,” katanya.



    https://www.ihram.co.id/berita/r0398a313/perempuan-hindu-dan-muslim-donor-ginjal-selamatkan-suami