Wapres Minta DIY Maksimalkan Penyerapan Anggaran Penanganan Covid-19

    IHRAM.CO.ID,JAKARTA-Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X memastikan penyerapan anggaran penanganan Covid-19 di kabupaten/kota DIY lebih optimal. Hal ini disampaikan Wapres, karena ada beberapa provinsi yang belum merealisasikan anggaran penanganan Covid-19

    “Mengenai penyerapan anggaran agar lebih optimal, sehingga ada koordinasi yang lebih kuat dengan kabupaten/kota, dengan unit kerja terkait,” kata Wapres dalam rapat koordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, dikutip dari Sekretaris Youtube Wakil Presiden, Kamis (29/7). .

    Wapres menegaskan, tidak boleh ada kabupaten atau kota yang menggunakan anggaran rendah. Sehingga perlu dilakukan percepatan realisasi anggaran dalam penanganan Covid-19.

    “Dengan bantuan dari BPKP, Kejaksaan, Polri dan LKPP,” kata Wapres.

    Wapres juga meminta seluruh jajaran Pemerintah dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja lebih keras dalam penanganan kasus Covid-19. Pasalnya, kasus penularan Covid-19 di DIY terus terjadi dan angka positif di Provinsi DIY masih cukup tinggi yakni 41 persen.

    “Seperti yang saya katakan tadi, sejauh ini kita masih bergejolak, masih belum stabil. Karena itu, kita harus (berusaha) lebih keras lagi agar bisa terus miring,” kata Wapres.

    Wapres mengatakan, salah satu upaya menekan penularan kasus Covid-19 adalah dengan penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan Level 3 di Wilayah Jawa Bali hingga 3 Agustus 2021. sinergitas antara pemerintah daerah dan pusat dalam rangka menekan mobilitas. Publik.

    Wapres juga mendukung upaya Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk melibatkan masyarakat dalam menekan mobilitas, salah satunya dengan menginisiasi gerakan Mengawal Warga di masa perpanjangan PPKM.

    Wapres berharap dengan mematuhi PPKM level 3 dan 4 yang diikuti dengan penerapan protokol kesehatan, kasusnya kembali melandai.

    “Jadi nanti kita bisa melakukan pelonggaran agar lebih cepat sehingga kehidupan kita bisa normal kembali. Ini memang butuh usaha keras,” kata Wapres.

    Wapres juga menekankan pentingnya 3T (Testing, Tracing, Treatment) dalam penanganan Covid-19. Dengan angka positif di Provinsi DIY yang masih cukup tinggi yaitu 41 persen, maka perlu ditingkatkan lagi tesnya.

    Hal ini mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Tingkat 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, disebutkan jika tingkat kepositifan suatu daerah di atas 25. persen, jumlah tes perlu ditingkatkan menjadi 15.000 tes per satu juta penduduk. .

    “Saya minta agar tes ini semaksimal mungkin berasal dari close contact tracing,” kata Wapres.



    https://www.ihram.co.id/berita/qx05ll430/wapres-minta-diy-maksimal-serap-anggaran-penanganan-covid19