Warga di Jember Terserak Keluar dari Rumahnya Saat Gempa Malang

    Guncangannya cukup kuat untuk membuat bendera di rumah bergetar.

    REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER – Sejumlah warga dan warga hotel di Kabupaten Jember berlarian keluar rumah saat gempa berkekuatan 6,7 skala richter terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Getarannya cukup kuat.

    “Guncangannya cukup kuat dan beberapa benda di dalam rumah berguncang, maka saya langsung berteriak kepada anak-anak agar keluar rumah,” kata Anisah, warga Kecamatan Kaliwates, Jember, Sabtu.

    Beberapa tetangganya yang berada di kawasan perumahan juga lari keluar rumah saat gempa karena guncangannya yang cukup kuat dibandingkan gempa sebelumnya yang dirasakan warga di Jember. Selain itu tamu dan pengunjung Hotel Aston Jember juga berhamburan karena guncangannya cukup kuat, sehingga petugas hotel juga membimbing mereka untuk keluar kamar dan kamar.

    “Gempa bumi, gempa bumi, mari kita semua keluar kamar dan keluar hotel menuju titik kumpul,” kata salah satu petugas hotel, Ali Ridho Assegaf, yang mengarahkan tamu dan pengunjung ke titik kumpul di luar hotel.

    Pada saat gempa terjadi seminar nasional pusat rehabilitasi korban narkoba di hotel yang diprakarsai oleh Habilis Rehabilitation Center (HRC), sehingga seluruh peserta bergegas keluar ruangan dan acara dihentikan lebih awal. .

    Petugas hotel pun mengimbau tamu yang berada di dalam kamar untuk keluar kamar dan diarahkan ke titik kumpul evakuasi yang telah ditentukan. Ketakutan itu terlihat saat sejumlah pengunjung hotel berhamburan keluar kamar. Bahkan, salah satu pengunjung hampir pingsan akibat kepanikan yang berlebihan dan digendong oleh petugas polisi yang sedang berjaga di hotel setempat. berjalan, jadi petugas harus menggendongnya, ”kata pengunjung hotel yang sempat pingsan.

    Hasil analisis BMKG pada informasi awal menunjukkan gempa dengan magnitude 6.7, kemudian diupdate menjadi magnitude 6.1 dengan episentrum gempa berada pada koordinat 8.83 LS dan 112.5 BT, atau tepatnya berada di laut pada jarak 96 km selatan . Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 80 km.

    sumber: Antara




    Source