Warga Gaza menyambut baik pembangunan Masjid Sheikh Ajlin

    Harapan berdoa di tempat yang nyaman bagi warga Gaza akan segera terwujud.

    REPUBLIKA.CO.ID,
    BANDUNG – Warga Gaza, Palestina, menyambut gembira Peletakan Batu Pertama Masjid Syekh Ajlin. Harapan beribadah di tempat yang nyaman akan segera terwujud.

    Peletakan batu pertama dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (7/4). Peristiwa itu diselimuti emosi. Ridwan Kamil pun meneteskan air mata saat memberikan sambutan.

    Menurut Direktur Selamat Palestina Indonesia Ustaz Miftahuddin Kamil, pembangunan Masjid Syekh Ajlin sudah direncanakan dan dipersiapkan bertahun-tahun karena kerap dijumpai jalan yang berkelok-kelok. Karenanya, kata Miftahuddin, ketika masjid yang hancur pada 2014 akan mulai dibangun kembali, masyarakat Gaza akan bersuka cita dan berbahagia.

    “Persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari menunjukkan kebahagiaan, kegembiraan, dan kebahagiaan yang luar biasa bagi penduduk Palestina,” kata Miftahuddin.

    Ini adalah kebahagiaan kita semua. Mereka (Palestina) akan selalu memiliki sanak saudara yang peduli terhadap mereka, ”tambahnya.

    Masjid Sheikh Ajlin adalah salah satu dari 72 masjid yang hancur total pada tahun 2014 akibat serangan Israel. Sejak itu, masyarakat di sekitar Masjid Syekh Ajlin telah beribadah di bawah tenda dan di bawah reruntuhan.

    Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat bersama Aman Palestin Indonesia, Bank Syariah Indonesia, Salman Waqf ITB, dan banyak pihak lainnya, berkolaborasi untuk mendirikan kembali Masjid Syekh Ajlin. Arsitektur Masjid Sheikh Ajlin dirancang langsung oleh Kang Emil.

    Miftahuddin juga berharap kerjasama ini terus tercipta sehingga aspirasi masyarakat Indonesia untuk mendirikan masjid di Gaza dapat terwujud. “Pembangunan Masjid Syekh Ajlin rencananya akan selesai dalam 14 bulan. Saya berharap masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat bisa berkontribusi untuk menuntaskan pembangunan tersebut,” ucapnya.

    Perwakilan Kementerian Wakaf dan Agama Palestina, Abdul Hadi Saeed Al-Agha, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat dan masyarakat Indonesia atas pembangunan Masjid Syekh Ajlin.

    “Saya berterima kasih kepada Gubernur Jawa Barat dan masyarakat Indonesia. Semoga menjadi berkah bagi semua pihak,” imbuhnya.




    Source