Warga Jatinegara dikejutkan dengan ditemukannya ular berukuran 3,5 meter di saluran air

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur mengevakuasi ular piton sepanjang 3,5 meter dari pemukiman warga di Gang Haji Santo RT 10 / RW 14, Desa Jatinegara, Kecamatan Cakung pada Sabtu (29/5/2021).

    Gatot Sulaeman, Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, mengatakan saat diberitakan ular-ular tersebut bersembunyi di saluran air.

    “Setelah mendapat laporan warga, kami langsung menurunkan empat personel ke lokasi. Panjang penangkaran ular sekitar 3,5 meter,” kata Gatot saat dikonfirmasi di Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (29/5/2021).

    Baca juga: Teror ular kobra dan ular piton sepanjang 5 meter terjadi di Lamongan

    Namun diameter saluran air yang sempit sehingga tidak bisa dijangkau dengan tangan membuat reptil yang memangsa mereka sulit dievakuasi dengan cara membungkus tubuhnya.

    Personel Damkar Jakarta Timur terpaksa membongkar sebagian saluran air guna menjangkau tubuh ular sanca yang berkeliaran di kawasan pemukiman RT 10 / RW 14 di kawasan Pulo Jahe.

    “Setelah memastikan lokasi ular dan membongkar sebagian saluran, kami menarik tubuhnya perlahan-lahan dari saluran air. Untuk evakuasi kami dibantu oleh personel PPSU, Desa Jatinegara,” ujarnya.

    Gatot mengatakan, lamanya waktu pembongkaran bagian saluran air ini membuat total waktu evakuasi ular sanca sepanjang 3,5 meter itu memakan waktu satu setengah jam.

    Ular sanca yang kini diamankan di kantor Sektor Damkar di Kabupaten Cakung itu rencananya akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta.

    Warga yang ingin melapor kebakaran dan meminta evakuasi bisa menghubungi WhatsApp Damkar Jakarta Timur di +628119197113. Mereka juga bisa melapor ke 112, 021 8590 4904, atau 021 858 2150, ”ujarnya.

    Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Warga Cakung, Antusias Penemuan Ular 3,5 Meter yang Ditemukan, Bersembunyi di Saluran Air: Evakuasi Cepat Damkar



    https://www.tribunnews.com/metropolitan/2021/05/30/warga-jatinegara-dikagetkan-penemuan-ular-35-meter-di-saluran-air