Waspada jika bayi Anda di usia 2 tahun tidak bisa merangkak dan hanya menguasai beberapa kata

Laporan Jurnalis Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Para orang tua khususnya para ibu perlu mengetahui bahwa masa emas (golden age) pada anak adalah pada saat anak berusia kurang dari 5 tahun.

Selama periode ini, pertumbuhan anak bisa dilihat secara bertahap. Keterampilan otak, sensorik dan motoriknya juga akan mengalami perkembangan.

Umumnya masa emas ini berlangsung dari bayi baru lahir hingga usia 2 tahun.

Namun, usia bayi di bawah 5 tahun dianggap sebagai masa krusial bagi tumbuh kembang anak, baik untuk perkembangan otak, motorik, sensorik, dan keseimbangan anak.

Terapis Wicara Rumah Sakit Anak dan Ibu Harapan Kita (RSAB), Rita Rahmawati, A.Md.TW., S.Pd., S.Tr.Kes., MKM mengatakan, penting bagi orang tua untuk terus memperhatikan dan memperhatikan. merangsang anak-anak agar potensinya -Potensi dapat berkembang secara normal.

Baca juga: Tips menghemat belanja perlengkapan bayi

“Masa emas biasanya dimulai dari usia 5 tahun ke bawah ya masa keemasan, jadi jangan dilewati, dan perkembangan itu dilalui sesuai perkembangan psikomotoriknya, artinya gerak motorik yang harus dilalui anak,” tuturnya. Rita, dalam live talkshow di Instagram @radiok Health, Kamis (8/4/2021).

Baca juga: Tips Penyajian Telur dan Ayam untuk Balita Agar Tidak Alergi

Ia kemudian menjelaskan bahwa bayi yang baru lahir biasanya menangis jika merasa lapar.

Namun, jika bayi tiba-tiba menangis tanpa alasan, hal ini patut dicurigai.

Baca juga: Penanganan Bayi yang Dirawat di NICU Perlu Peran Orang Tua

“Jadi misalnya kalau bayi haus sesuatu, dia hanya bisa menangis. Jadi misalnya kalau anak tiba-tiba menangis tidak ada penyebabnya atau gimana ya, kita juga harus curiga,” kata Rita.

Kemudian pada tahap perkembangan selanjutnya, bayi yang sedang tumbuh normal akan dapat mulai mengeluarkan beberapa suku kata untuk menunjukkan bahwa ia merasa lapar.

“Nanti perkembangan selanjutnya, yang dia minta sesuatu ‘mah mamam’, sekarang itu harus dilalui dengan baik,” kata Rita.

Orang tua harus mewaspadai masalah perkembangan pada bayi saat mereka mulai memasuki tahun ke-2 atau ke-3, tetapi belum bisa merangkak atau hanya bisa mengucapkan beberapa patah kata.

Padahal pada umumnya bayi usia 18 bulan 24 bulan mampu menguasai 50 kata.

“Dan misalnya, ‘Bu, kenapa anak saya tidak merangkak, ya?’ “Tiba-tiba anak ini mengalami perkembangan bahasa pada usia 3 tahun, tapi dia hanya bisa mengatakan ‘ibu’. Sedangkan usia 1 tahun setengah sampai usia 2 tahun minimal ada 50 kata dalam kosakatanya, ”kata Rita.




Source