Waspadai Potensi Banjir Lahar Dingin Sinabung

    Masyarakat diminta menghindari daerah rawan bencana.

    REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Masyarakat di sekitar Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara diingatkan untuk selalu mewaspadai potensi banjir lahar dingin. Pasalnya, potensi cuaca ekstrem juga berdampak pada kawasan Pegunungan Sinabung

    Untuk itu, BMKG mengingatkan masyarakat di kawasan Gunung Sinabung untuk mewaspadai banjir lahar dingin akibat menguatnya potensi cuaca ekstrem di sekitar Gunung Sinabung, kata Analisis Peramal BBMKG Dinas Wilayah I Medan, Martha Manurung, Sabtu (15/5).

    Terkait potensi cuaca ekstrim, BMKG mengimbau masyarakat untuk menghindari daerah rawan bencana seperti lembah sungai, lereng, rawan longsor, pohon mudah tumbang dan pantai. Waspadai potensi dampak seperti banjir / banjir pesisir, tanah longsor dan banjir bandang, terutama di daerah rawan.

    Serta memantau perkembangan informasi cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrim dari BMKG melalui situs resminya http://www.bmkg.go.id, media sosial di Instagram, twitter, facebook dan Youtube, aplikasi ponsel di InfoBMKG dan melalui call center 196.

    “BMKG mengimbau untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan badai petir di lereng timur, pegunungan, dan barat Sumut yang dapat menyebabkan banjir dan longsor,” ujarnya.

    sumber: Antara




    Source