Website Sekretariat Diretas: Keamanan Lemah, Gandeng Beberapa Pihak untuk Perkuat

    TRIBUNNEWS.COM – Kasus pembobolan situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) www.setkab.go.id beberapa waktu lalu dinilai karena lemahnya sistem keamanan situs pemerintah.

    Diketahui, situs Setkab dapat diakses kembali setelah beberapa hari turun.

    Untuk memperkuat sistem keamanan, Sekretariat bekerjasama dengan sejumlah pihak yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk memperkuat keamanan situs resmi Sekretariat.

    “Untuk memperkuat kerja sama pengamanan website Sekretariat tentunya kami bekerjasama dengan pihak terkait termasuk dengan BSSN, karena sejak awal pembuatan website kami selalu bekerjasama dengan BSSN,” ujar Deputi Sekretaris Kabinet Bidang Pendukung Kerja Kabinet ( Wakil DKK), Thanon Aria Dewangga, dikutip Tribunnews.com dari keterangan resmi, Kamis (12/8/2021).

    “Kami juga di sini bekerja sama dengan Polri dan juga dengan BIN untuk memperkuatnya,” tambah Thanon.

    Ilustrasi Peretas (IBTimes UK)

    Baca juga: Ini Cara Menggunakan Fitur View Once di Aplikasi WhatsApp

    Thanon mengatakan website Setkab merupakan website milik pemerintah yang menyediakan berbagai informasi tentang program dan kinerja pemerintah kepada publik.

    “Kami memiliki kewajiban untukpengiriman berita pemerintah dan tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat.”

    “Makanya kami berusaha agar website kami segera pulih dan bisa dinikmati kembali oleh media dan juga untuk masyarakat,” ujarnya.

    Terkait peretasan yang terjadi pada Sabtu (31/7/2021), Thanon menjelaskan, Sekretariat Daerah telah melakukan mitigasi dan berupaya memulihkan website secepat dan sedini mungkin agar website dapat diakses kembali oleh publik pada Rabu ( 4/8/2021).

    Namun, upaya peretasan lain terdeteksi, sehingga Sekretariat memutuskan untuk menutup sementara atau menjatuhkan situs resmi untuk melakukan upaya pemulihan dan penguatan, terutama dari sisi keamanan.

    Baca juga: Bintang 3 Bongkar Peretas Halaman Sekretariat Jenderal, Ingat Kabar Hacker NASA dari Tangerang Sekarang



    https://www.tribunnews.com/techno/2021/08/12/situs-setkab-sempat-diretas-keamanan-diduga-lemah-gandeng-sejumlah-pihak-untuk-perkuat