WFP Akan Menyediakan Makanan untuk Anak-anak Venezuela

Malnutrisi anak di Venezuela telah meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA – Program Pangan Dunia (WFP) telah mencapai kesepakatan untuk memasok makanan ke sejumlah sekolah di Venezuela. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur WFP David Beasley saat mengunjungi Caracas untuk pertemuan dengan para pejabat termasuk Presiden Nicolas Maduro.

Untuk tahap awal, program tersebut akan menjangkau 185 ribu anak di Venezuela. Ke depannya, WFP akan memperluas jangkauannya menjadi 1,5 juta anak pada akhir tahun ajaran 2022-2023. Malnutrisi anak di Venezuela telah meningkat karena pertumbuhan ekonomi negara itu merosot akibat sanksi dan krisis politik.

“Kami percaya sekolah itu peron paling tepat bagi WFP untuk menjangkau komunitas secara mandiri, “kata Beasley.

Kelompok bantuan kemanusiaan telah lama mendesak pemerintah Maduro untuk mengizinkan WFP mendistribusikan bantuan makanan di Venezuela. Sementara itu, oposisi menuduh pemerintah Maduro mengkondisikan bantuan pangan negara untuk kesetiaan politik. Klaim ini dibantah oleh Maduro.

Kementerian Luar Negeri Amerika Selatan mengatakan pertemuan antara pejabat dan WFP mengarah pada evaluasi ketahanan pangan di Venezuela. Pertemuan itu bertujuan untuk menilai kebutuhan dan kerentanan rumah tangga Venezuela. Televisi pemerintah Venezuela pada Senin sore menyiarkan gambar Beasley dan Maduro berjabat tangan di istana kepresidenan Miraflores.




Source