WHO Akan Uji Tiga Obat Baru untuk Tangani Covid-19

    WHO uji artesunat, imatinib dan infliximab untuk obati Covid-19

    REPUBLIKA.CO.ID, GENEVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (11/8) mengumumkan akan menguji tiga obat baru untuk Covid-19. Pengujian akan melibatkan ribuan peneliti di lebih dari 600 rumah sakit di 52 negara.

    Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh WHO pada hari Rabu, tiga obat baru adalah artesunat untuk mengobati malaria berat, imatinib untuk mengobati kanker tertentu, dan infliximab untuk mengobati gangguan sistem kekebalan tubuh seperti penyakit Crohn (penyakit radang usus).

    Obat-obatan ini dipilih oleh panel ahli independen karena potensinya untuk mengurangi risiko kematian pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dan disumbangkan untuk uji coba oleh pengembangnya. Demikian menurut WHO yang dilansir Xinhua.

    “Menemukan terapi yang lebih efektif dan terjangkau untuk pasien COVID-19 tetap menjadi kebutuhan kritis dan WHO bangga memimpin upaya global ini,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

    Dalam upaya sebelumnya, WHO telah menguji empat obat: remdesivir, hydroxychloroquine, lopinavir dan interferon. Hasil awal menunjukkan keempat obat tersebut memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada pasien Covid-19 di rumah sakit.



    https://www.republika.co.id/berita/qxpoqr459/who-akan-uji-tiga-obat-baru-untuk-pengobatan-covid19