WHO Kirim Bantuan Penanganan Covid-19 ke Korea Utara

    Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

    TRIBUNNEWS.COM, JENEWA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengirimkan bantuan penanganan virus corona (Covid-19) di Korea Utara (Korea Utara) melalui pelabuhan perbatasan China, Dalian.

    Meskipun ada sedikit tanda bahwa negara komunis itu telah melonggarkan penguncian perbatasan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus.

    Dikutip dari NDTV, Jumat (10/8/2021), dalam laporan mingguan terbarunya untuk kawasan Asia Selatan dan Timur yang mencakup periode hingga akhir September lalu, WHO mengatakan telah memulai pengiriman melalui pelabuhan Dalian di China. yang dekat dengan perbatasan Korea Utara.

    “Untuk mendukung DPR Korea dengan pasokan medis Covid-19, WHO memulai pengiriman melalui pelabuhan Dalian, China untuk penimbunan strategis dan pengiriman lebih lanjut ke DPR Korea,” kata WHO merujuk pada Korea Utara dengan nama resminya.

    Baca juga: WHO Sebut Proses Persetujuan Sputnik V Akan Selesai

    Namun, badan tersebut tidak memberikan perincian tentang apakah bantuan itu benar-benar sampai ke negara itu, karena juru bicara badan tersebut tidak segera menanggapi.

    Baca juga: Bulan ini, Korea Selatan akan memulai vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil

    Perlu dicatat bahwa sejak pandemi dimulai tahun lalu, Korea Utara telah memberlakukan pembatasan ketat dan menutup perbatasannya dalam apa yang dilihatnya sebagai masalah kelangsungan hidup nasional.

    WHO melaporkan negara tersebut telah melakukan tes atau tes Covid-19 pada sedikitnya 40.700 orang tanpa hasil positif, pada 23 September lalu.

    Namun, para pejabat di Korea Selatan dan Amerika Serikat meragukan klaim Korea Utara bahwa mereka tidak pernah memiliki kasus virus corona.



    https://www.tribunnews.com/internasional/2021/10/08/who-kirim-bantuan-penanganan-covid-19-ke-korea-utara