Wijnaldum Menjadi Gelandang Yang Dibutuhkan Semua Tim

Kini Wijnaldum telah resmi bergabung dengan klub kaya Prancis Saint-Germain (PSG).

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM — Gelandang Belanda Georginio Wijnaldum menunjukkan performa gemilang dalam laga perdananya melawan timnas Ukraina di Grup C Piala Eropa 2020. Bertindak sebagai kapten, Wijnaldum membantu de Oranje meraih kemenangan 3-2 pertama.

Wijnaldum tampil penuh di pesta pembukaan. Pesepakbola bernomor punggung 8 itu bahkan berhasil menyumbang satu gol bagi kemenangan tim asuhan Frank de Boer itu.

Pesepakbola berusia 30 tahun itu merupakan kapten yang bersahaja, ia memimpin dengan menunjukkan etos kerja yang tak kenal lelah sepanjang 90 menit pesta. Kemampuan luar biasa untuk mengoper bola, dan menjadi tenang dan konsisten.

Julukan Wijnaldum, adalah sosok gelandang paket lengkap yang dibutuhkan pelatih sepakbola modern saat ini. Alhasil, banyak klub papan atas di Benua Biru seperti Barcelona dan Bayern Munich tertarik untuk mengikat Wijnaldum.

Dalam keputusan menunjuk skuat utama timnas Belanda jelang Piala Eropa, banyak fans yang menolak Wijnaldum. Sebaliknya, mereka khawatir tentang absennya Virgil van Dijk, dan cedera pangkal paha Matthijs de Ligt.

Namun, Wijnaldum selalu punya tempat untuk diandalkan meski kerap luput dari perhatian banyak fans dan lawan. Merujuk pada statistiknya bersama timnas Belanda, eks pemain Newcastle United itu berhasil mencetak lima gol dan dua assist.

Tumbuh dewasa, Wijnaldum melalui proses yang sulit di akademi Sparta Rotterdam, ia pindah ke akademi Feyenoord pada tahun 2004. Gini masih memegang rekor sebagai pemain Feyenoord termuda, memulai debutnya pada usia 16 tahun dan 148 hari di pertandingan Eredivisie Belanda melawan Groningen pada 8 April 2007 dan keluar sebagai Man of the Match.

Gertjan Verbeek adalah pelatih Feyenoord yang menangani Wijnaldum saat berusia 17 tahun. Ia mengaku sangat melihat perkembangan Gini sehingga merasa sang pemain akan menjadi pesepakbola terbaik dunia.

“Dia adalah talenta yang hebat, sangat muda, tapi dia sudah memiliki banyak tanggung jawab. Sementara Gini selalu menunjukkan ketenangan dalam berpikir dan bagaimana dia melakukannya,” kata Verbeek kepada ESPN, Rabu (16/6).

Kini Wijnaldum telah resmi bergabung dengan klub kaya Prancis Saint-Germain (PSG). Tentunya, keberhasilan Les Parisien mengamankan Gini akan sangat membantu skuat asuhan Mauricio Pochettino dalam menjalankan misinya meraih gelar juara Liga Champions.

Terkait

Euro 2020: Rusia tetap berharap bisa mengalahkan Finlandia 1-0

Aleksei Miranchuk dari Rusia melakukan selebrasi usai mencetak gol pembuka pada pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Finlandia dan Rusia di stadion Gazprom Arena di St. Petersburg, Rusia, Rabu (16/6).

Kalahkan Finlandia, Rusia Ubah Peluang di Euro 2020

Marko Arnautovic (kanan) dari Austria merayakan dengan rekan setimnya David Alaba setelah mencetak gol 3-1 selama pertandingan sepak bola Grup C UEFA EURO 2020 UEFA antara Austria dan Makedonia Utara di Bucharest, Rumania, 13 Juni 2021.

Marko Arnautovic diskors 1 pertandingan karena menghina selebrasi

Pelatih kepala Swiss Vladimir Petkovic

Petkovic Pastikan Swiss Akan Tampil Mematikan Vs Italia

Paul Pogba

Saat Pogba Keluarkan Botol Bir dari Meja Konferensi Pers



https://www.republika.co.id/berita/qut17b456/wijnaldum-jadi-sosok-gelandang-yang-dibutuhkan-semua-tim