Zona Merah Covid-19, Kepala BNPB akan ke Kudus

BNPB akan berkoordinasi terkait penanganan Covid-19 di Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito mengatakan perkembangan kasus Covid-19 di Kudus, Jawa Tengah cukup mengkhawatirkan. Rencananya, sore ini dia akan ke sana untuk melihat dan memberikan bantuan penanganan.

“Sore ini saya akan ke Kudus, karena seperti yang bapak jelaskan. Jadi perlu koordinasi dengan Gubernur dan Forkompimda,” kata Ganip dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Rabu (2/6).

Di sana, BNPB akan berkoordinasi terkait penanganan Covid-19 di Jawa Tengah. Termasuk membuka RS lapangan di Kudus yang saat ini masuk zona merah Covid-19.

“Kami bahkan menilai kemungkinan mendirikan RS lapangan, penambahan tenaga medis, dan masker, dan hal-hal lain yang dibutuhkan di sana,” kata Ganip.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 mencatat Kabupaten Kudus menjadi satu-satunya daerah di Pulau Jawa yang masuk dalam kategori zona merah alias daerah dengan risiko tinggi penularan kasus virus corona di Indonesia pada masa lalu. minggu. Seperti diketahui, di sisi lain, zona merah paling banyak terdapat di Pulau Sumatera.

Berdasarkan data perkembangan terakhir Gugus Tugas Covid-19 per 30 Mei 2021, total ada 13 kabupaten/kota yang masuk zona merah. Jumlah daerah yang masuk zona merah pekan ini meningkat dibandingkan data pekan lalu yang hanya mencatat 10 daerah.

Sebanyak 13 kabupaten/kota yang tercatat masuk zona merah dalam sepekan terakhir adalah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kemudian empat wilayah di Sumatera Barat, yakni Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Pasaman Barat. Kemudian dua lainnya berasal dari Sumatera Selatan, yakni Kota Palembang dan Kota Prabumulih.



https://www.republika.co.id/berita/qu2dyt423/zona-merah-covid19-kepala-bnpb-akan-ke-kudus