Zona Merah, Kabupaten Tangerang Ikut Terapkan PPKM Darurat

Pemkab Tangerang tekankan pengetatan jam operasional PPKM darurat

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Pemerintah Kabupaten Tangerang juga telah menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat darurat (PPKM), sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat yang memberlakukan PPKM darurat di Jawa dan Bali mulai 3 hingga 20 Juli 2021. Upaya ini dilakukan karena Kabupaten Tangerang merupakan ditetapkan sebagai zona merah penyebaran COVID-19. 19.

“Instruksi tersebut akan kami siapkan mulai dari menyiapkan personel hingga aturan yang jelas terkait PPKM darurat ini,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam keterangannya, dikutip Jumat (2/7).

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan PPKM darurat, Pemerintah Kabupaten Tangerang lebih menekankan pada pengetatan jam operasional pusat perbelanjaan/mall, kegiatan sosial dan keagamaan, termasuk kegiatan industri, baik esensial maupun non esensial dan perkantoran. Adapun aturan sanksi yang dikenakan bagi pelanggar kebijakan darurat PPKM, Zaki mengatakan masih dalam pembahasan.

“Nanti kita juga akan membahas tindakan hukum lainnya, lebih untuk menciptakan efek jera bagi masyarakat,” katanya.

Zaki melanjutkan, pihaknya akan melibatkan sejumlah elemen masyarakat dan karang taruna untuk ikut mensosialisasikan PPKM darurat dan mendampingi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan PPKM darurat. “Saat PPKM darurat dilaksanakan, semua elemen membantu dan berpartisipasi dalam pelaksanaan PPKM darurat ini, termasuk dalam hal ini teknis penyaluran sembako. Ini hasil rapat forkopimda (forum koordinasi pimpinan daerah),” jelasnya. .

Pada kesempatan berbeda, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengatakan telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Pemerintah Kota Tangerang dalam pelaksanaan PPKM darurat. Hal ini dilakukan dalam rangka menciptakan sinkronisasi pelaksanaan dan pengendalian realisasi kebijakan pembatasan masyarakat di wilayah Tangerang Raya.

“Saya sudah koordinasi dengan bupati dan walikota Tangerang, frekuensi yang sama akan kita lakukan di tiga wilayah Tangerang Raya agar pengawasan dilakukan bersama-sama,” kata Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.



https://www.republika.co.id/berita/qvljmw349/zona-merah-kab-tangerang-ikut-berlakukan-ppkm-darurat